Label

Minggu, 21 Oktober 2012

Pangeran Hadinegoro

Jika kamu orang Indonesia, pasti kenal (minimal pernah dengar) pangeran Diponegoro itu siapa? Yaps, Beliaulah yang memimpin perlawanan terhadap bangsa Belanda di tanah Jawa slama 5 tahun. Iya, 5 tahun. Iya itu lama, hebat kan?

Namun di sini gue bakal ngebahas adik nya. Pasti belum kenal kan ? 
beliau adalah PANGERAN ADINEGORO :)

Seorang panglima perang berlaskar suryoningalogo (Jawa) yang dalam bahasa Indonesia berarti cahaya di medan perang. Beliau adalah adik kandung Pangeran Diponegoro, satu ayah yaitu Sultan Hamengkubuwono III, namun lain ibu.

Beliau sangat dekat dengan Pangeran Diponegoro. Why? Jadi gini, kakak-beradik ini memiliki satu pemikiran yang sama tentang Belanda, yaitu mereka adalah penjajah bukan kawan. Mereka berdua memutuskan untuk meninggalkan kemewahan istana dan bertarung melawan Belanda.

Berikut ini saya paparkan ilustrasi Beliau. Saya mendapatkannya langsung dari keturunan Beliau yang tinggal di desa Bendan, Magelang, Jawa Tengah.

Foto seizin Bapak Iswadi (keturunan P. Adinegoro)
Gara-gara Beliau jugalah saya dan kawan-kawan dapat meluncur ke Jakarta dalam ajang kegiatan OPSI 2012. Terima kasih pahlawan yang (sedikit) terlupakan. Semoga Anda dikenal, dikenang dan dicintai oleh generasi muda. :)

4 komentar:

Unknown mengatakan...

gue saranin baca nih post an.

taranajmia mengatakan...

PANGERAN ADINEGORO, sekarang baru kenal sama dia gara gara baca ini :D

tingkatkan menulisnya ya :p

Unknown mengatakan...

Beliau eyang kami dimakamkan di sawangan blabak magelang PANGERAN HADINEGORO sy cucu keturunan ke 6 dr beliau salam hormat dr trah Hadinegoro

Kopral_jvc043 mengatakan...

Salaam dari putrane pak mat canon..